Buah kesemek: manfaat bibit dan harga

Gambar dari search google
Buah kesemek merupakan salah satu jenis tanaman buah-buahan daerah subtropis yang tergolong langka di Indonesia, namun mempunyai potensi untuk dikembangkan dan dibudidayakan. Buahnya mirip dengan buah apel namun tidak sama, dan memiliki rasa sepet. Selain itu buah ini memiliki nilai gizi dan potensi ekonomi untuk terus dikembangkan sekaligus sebagai upaya melestarikan tanaman tersebut.

Penyebaran
Penyebaran buah kesemek ini dapat dijumpai di daerah-daerah di Indonesia diantaranya adalah daerah Jawa Barat dan Jawa Timur, di mana buah ini ditanam pada daerah-daerah tinggi di pegunungan.

Manfaat dan keguanaan
Buah kesemek yang biasa dimanfaatkan masyarakat, memiliki manfaat dan kegunaan baik pada daun, tangkai dan daging buahnya, diantaranya:

  1. Daun: ada yang percaya dan mengggunakannya sebagai obat sakit perut (buang-buang air), penggunaannya dengan cara dikunyah beberapa saat dan kemudian ditelan; 
  2. Tangkai buah: banyak yang percaya dan dapat digunakan sebagai obat penurun panas dan meredakan demam, dengan cara: tangkai buah berikut seludangnya (kaliks) diambil (dipisahkan) dari daging buah, lalu dikeringkan, setelah kering direndam dalam air panas, tunggu hingga air rendaman menjadi hangat dan diminumkan kepada penderita; dan 
  3. Daging buah: Mengandung vitamin A, juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati keracunan makanan, sebagai penetralisir racun dalam tubuh, dengan cara memakan daging buah yang telah masak (tua) di pohon.
Pangsa pasar dan harga
Pada umumnya buah ini akan ditemukan di pasar-pasar tradisional, dikarenakan buah ini jarang sekali yang menyukai dan jarang yang tahu dan kalah dari buah-buha lainnya seperti apel, pepaya dan sebagainya. Untuk harga sendiri buah kesemek biasanya tidak akan melebihi Rp. 5.000,-. Ini mungkin karena buah ini belum banyak yang menyukainya.
Bagi yang ingin membaca atau membutuhkan materi kuliahMANAJEMEN dan AKUNTANSI silahkan langsung saja meluncur ke TKP----->>> Klik di sini   «« Gratisssssssssssss.

0 komentar:

Poskan Komentar

Bila berkenan silahkan tinggalkan kritik, saran, atau pertanyaan demi kebaikan bersama. Terima kasih